Tuesday, May 09, 2006

Internet untuk Rakyat Banyak

Hari ini adalah hari yang spesial buat saya. Bukan karena dapat rejeki nomplok. Dan bukan juga karena lulus ujian, karena saya sudah tidak ujian lagi. Tetapi saya mendapat sms dari seseorang yang khusus banget. Aduh ..., dari siapa tuh ...

Ceritanya, pada suatu pagi yang cerah tanggal 9 May 2006, ketika itu saya sedang men download email lewat Outlook Express. HP saya pun 'berdering' tiit tiit. Wah ada sms masuk nih, batin saya. Yup, bener aja. Dan dari seseorang yang spesial. Yaitu dari MENKOMINFO. Hi hi..., seseorang yang spesial mengirim sms ke rakyat yang tergolong 'proletar' alias rakyat jelata kelas bawah. Isi sms nya adalah

"Internet adalah sumber INFORMASI yang tak terbatas, tapi juga mengandung hal-hal negatif. Gunakan internet secara bijak."

Ya, itu pesan singkat dari Pak Menteri.

Tetapi saya berpikir wah, kayaknya sms nya kurang tepat nih. Ya kurang tepat sasaran dan kurang melihat pada kondisi rakyat yang sesungguhnya. Karena sms tersebut pastilah di 'broadcast' ke seluruh nomor handphone. Jadi rakyat yang tidak pernah mengakses internet pun dapat sms tersebut yang penting punya handphone. Yang pernah mengakses internet pun juga tidak terus-menerus mengakses internet. Karena internet masih tergolong sesuatu yang mahal di negeri ini. Ya, urusan makan aja masih belum selesai, kok ngurusin internetan..., mungkin begitu ungkap sebagian orang. Pendek kata, cuma sebagian kecil aja yang bisa menikmati layanan internet. Dalam arti kata bener bener menikmati. Bisa enjoy browsing, chatting, dll, sambil menikmati secangkir kopi atau sekaleng Coca Cola.

Chandra-at-disini-aja-dot-com

No comments: